Social Icons

twitterfacebookrss feedemail

Kamis, 23 Mei 2013

Cara Menghilangkan Bau Prengus pd Daging Kambing

Daging kambing enak disantap dalam bentuk sate kambing, gulai kambing maupun olahan lainnya. Namun demikian, ada banyak yang tidak menyukainya karena baunya.
Daging kambing identik dengan bau ‘prengus’. Bahkan karena bau khasnya tersebut ada sebagian orang yang ketika mencium baunya saja langsung membuat mual perut layaknya orang-orang yang alergi bau durian.
Padahal makan daging kambing itu sehat dan banyak sekali nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh, asal tidak berlebihan. Dari hasil penelitian yang dilakukan pleh Institut Pertanian Bogor (IPB) daging kambing mentah memiliki kandungan lemak 50 – 65 % lebih rendah dari daging sapi.
Selain itu, lemak jenuh yang terkandung dalam daging kambing adalah 40 persen lebih rendah dari daging ayam tanpa kulit. Dibandingkan dengan daging domba, babi dan sapi bisa 900 – 1100 persen lebih rendah. Kandungan lemak daging kambing lebih rendah 42 – 59 persen dari daging domba.
Meski begitu kandungan protein dalam daging kambing mentah hampir sama dengan daging sapi. Daging kambing mengandung kolesterol 76 mg persen. Sedang daging sapi, ikan dan domba adalah 70 persen.
Jadi untuk menghindari kolesterol bukan dengan tidak makan daging kambing, namun menguranginya.
Jika Anda tidak suka atau bahkan tidak mau makan daging kambing hanya karena baunya, ada cara yang sangat mudah dilakukan untuk menghilangkan bau daging kambing.
Tips Cara Menghilangkan Bau Pada Daging Kambing
Untuk menghilangkan bau pada daging kambing, Anda bisa menggunakan mentimun. Buah mentimun atau timun dipotong kecil-kecil, kemudian aduk bersamaan dengan daging kambing. Proses mengaduk berlangsung kurang lebih lima hingga sepuluh menit. Namun, apabila baunya belum hilang, Anda bisa terus mengaduknya hingga aroma timunnya menjadi lebih dominan.
Alternatif lain cara menghilangkan bau pada daging kambing
Bila Anda mendapatkan daging kambing yang baru disembelih, jangan langsung diolah. Hal ini karena daging cenderung liat. Ada baiknya bila daging kambing direbuh terlebih dahulu dalam air mendidih yang dicampur dengan kunyit dan jahe, ditambahkan daun salam, sereh dan lengkuas.
Cara lain yang bisa Anda coba adalah dengan membungkus daging kambing dengan daun pepaya atau membalur dengan parutan atau jus nanas selama kurang lebih 10 menit. Selanjutnya, daging dipotong dalam ukuran tidak terlalu besar.
Selamat mencoba dan selamat menikmati daging kambing dalam bentuk sate, gulai kambing atau menu lainnya yang berbahan daging kambing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar